Manfaat Penggunaan Instagram Untuk Bisnis


1. Bisa Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Dengan banyaknya pengguna aktif Instagram di seluruh dunia, kamu punya peluang besar dalam menjangkau audiens yang lebih luas. Media sosial Instagram membuat tidak ada batas jarak dan waktu sehingga siapapun bisa melihat postinganmu tanpa terkecuali.

2. Mudah Mempromosikan Produk atau Layanan

Sebagian besar pengguna yang mengaku terbantu untuk menemukan produk dan layanan baru melalui Instagram. Selain itu banyak orang mengatakan bahwa mereka membuat keputusan membeli produk setelah melihatnya di Instagram. Berdasarkan data ini sudah terlihat jelas bahwa Instagram punya peluang besar untuk melakukan promosi produk. 

Di Instagram kamu bisa dengan mudah mempromosikan produk atau layanan. Banyak fitur yang mendukung para pengusaha untuk menawarkan dagangannya. Beberapa fitur Instagram yang bisa digunakan untuk mendukung bisnismu seperti berikut ini.

  • Instagram Shopping: fitur ini sangat mendukung pebisnis karena bisa mengarahkan calon pembeli untuk melakukan transaksi langsung. Sekarang pengguna sudah bisa melakukan transaksi dalam satu kali klik. Dengan mengetuk produk yang ada di foto atau video bisa langsung mengarah ke katalog produk.
  • Shop able Tags: fitur ini bisa menampilkan tag atau label di Stories.
  • Instagram Promoted Posts: promosi postingan secara langsung dengan menyesuaikan target audiens, durasi waktu, dan besaran budget.
  • Link Swipe Up atau See More: fitur ini memungkinkan pengguna untuk menuju link dengan swipe up. Hal ini sangat memudahkan calon pembeli untuk melakukan transaksi secara langsung.
3. Meningkatkan Penjualan Secara Langsung

Dengan menggunakan Instagram untuk bisnis, kamu bisa meningkatkan penjualan secara langsung. Berbagai fitur yang di tawarkan oleh Instagram akan meningkatkan penjualan. Tak heran banyak pengusaha yang tetap bertahan jualan di media sosial ini meski banyak platform baru bermunculan. 

Instagram selalu memerhatikan kebutuhan penggunanya dan memunculkan fitur baru yang bisa jadi solusi.

4. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Dari segi engagement rate, Instagram punya nilai yang lebih tinggi daripada platform lainnya yang artinya interaksi didalamnya baik. Selain fokus ke penjualan, Instagram juga bisa jadi sarana mempererat hubungan dengan pelanggan. Dengan begitu brand bisa punya pelanggan loyal di tengah keadaan ekonomi yang tidak stabil. 

5. Mengoptimalkan Visibilitas Online

Dengan menyusun strategi yang tepat kamu bisa melakukan brand awareness sekaligus dan melakukan beberapa cara yang bisa dilakukan seperti membuat hashtag unik dan menarik untuk setiap konten. Dengan hashtag membuat pengguna Instagram atau calon pembeli mudah melihat melalui explore.

6. Menentukan Target Promosi

Anda perlu tahu dulu target pelanggan anda. Berapa rentang umur yang Anda kehendaki, jenis gender, lokasi atau wilayah di dunia yang menjadi domisili masing-masing pelanggan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: